Tugas CJR 2
STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI – NILAI AKHLAK SISWA SMAN 2 BINJAI
DOSEN PENGAMPU : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd
DISUSUN OLEH :
Nama : Husna Melinda Ritonga
NIM : 0301171330
Prodi
: PAI – 3 / SEMESTER IV
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Critical Jurnal Riview Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak mengenai “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai“.
Penulis berharap agar jurnal ini bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan bagi pihak – pihak yang memerlukan.
Dalam penulisan Critical Jurnal Riview ini, penulis tentu saja tidak dapat menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Orang – orang tersayang yang selalu mendoakan penulis, terutama kedua orang tua penulis
2. Kepada dosen pengampu yaitu Bapak Dr. H. Mardianto, M.Pd
2. Kepada dosen pengampu yaitu Bapak Dr. H. Mardianto, M.Pd
Medan, 7 Mei 2019
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Pemilihan Jurnal 1
B. Kerelevansian Jurnal dengan Topik yang Diamati 1
BAB II RINGKASAN JURNAL
A.Identitas Jurnal 2
B. Ringkasan Jurnal 2
BAB III PEMBAHASAN
A.Relevansi antara Topik Jurnal dengan Karya dan Bidang Keahlian Penulis
B.Pokok – Pokok Argumentasi Penulis Dalam Pendahuluan
C.Pemilihan serta Cakupan Kajian Teori
D.Metodologi Penelitian dan Relevansinya
E.Kerangka Berfikir Penulis pada Bagian Pembahasan
F.Kesimpulan dan Saran yang Diajukan Penulis serta Implikasinya Pada Penelitian Berikutnya
G. Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Pemilihan Jurnal 1
B. Kerelevansian Jurnal dengan Topik yang Diamati 1
BAB II RINGKASAN JURNAL
A.Identitas Jurnal 2
B. Ringkasan Jurnal 2
BAB III PEMBAHASAN
A.Relevansi antara Topik Jurnal dengan Karya dan Bidang Keahlian Penulis
B.Pokok – Pokok Argumentasi Penulis Dalam Pendahuluan
C.Pemilihan serta Cakupan Kajian Teori
D.Metodologi Penelitian dan Relevansinya
E.Kerangka Berfikir Penulis pada Bagian Pembahasan
F.Kesimpulan dan Saran yang Diajukan Penulis serta Implikasinya Pada Penelitian Berikutnya
G. Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
BAB I
PENDAHULUAN
A.1 Latar Belakang Pemilihan Jurnal
Kehidupan kian berubah mengikuti perkembangan yang tiada habisnya. Kemajuan demi kemajuan kian bertambah seiring perkembangan teknologi dan IT lainnya. Di samping hal itu, perlu perhatian yang mendalam mengenai moral dan akhlak anak bangsa yang semakin lama memburuk, cukup memprihatinkan dan miris itulah gambaran yang menunjukkan akhlak remaja saat ini.
Dan melalui jurnal ini “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai “ bisa diterapkan mulai dari hal kecil. Dimana penerapan akhlak yang baik agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari berupa penanaman nilai yang baik dalam diri peserta didik, nilai – nilai keagamaan yang mampu membentuk peserta didik memiliki akhlak dan sopan santun yang baik.
B.Kerelevansian Jurnal dengan Topik yang Diminati
Jurnal yang berjudul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai “ ini cukup relevan dengan topik yang diminati. Dimana topik yang dibahas tentu harus berkaitan dengan Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak, maka jelas bahwa dalam jurnal ini akan dibahas bagaimana strategi yang akan digunakan oleh guru agar mampu mencapai penanaman nilai – nilai dan akhlak yang baik pada siswa.
BAB II
RINGKASAN JURNAL
A.2 Identitas Jurnal
Judul : Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai
Penulis : Ahmad Abroza
Lembaga penulisan : Ilmu Keislaman
Tahun terbit : 2 Desember 2018
e-ISSN : 2460-2320
p-ISSN : 2242-6997
Penulis : Ahmad Abroza
Lembaga penulisan : Ilmu Keislaman
Tahun terbit : 2 Desember 2018
e-ISSN : 2460-2320
p-ISSN : 2242-6997
B.Ringkasan Jurnal
1. Pendahuluan
Penanaman nilai akhlak pada siswa, guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat besar. Di samping keberhasilan pelaksanaan nilai pendidikan agama Islam, tidak terlepas dari strategi pembelajaran. Oleh sebab itu, pemilihan strategi pembelajaran yang tepat oleh guru akan mempengaruhi hasil pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Rendahnya praktek penanaman nilai ajaran agama Islam dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu : 1) faktor eksternal berupa lingkungan pergaulan yang belum mendukung untuk menerapkan nilai – nilai ajaran Islam dan 2) faktor internal berupa peserta didik belum mampu secara optimal melaksanakan dan menerapkan nilai – nilai ajaran Islam dalam kehidupannnya.
2. Kajian Teori
Dalam jurnal yang berjudul “Penerapan Strategi Cooperative Learning Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa” sudah dilengkapi dengan deskripsi teoritis. Dimana dalam deskripsi teoritis berisi pembahasan mengenai penanaman nilai – nilai Agama, macam – macam nilai, urgensi penanaman nilai – nilai Agama Islam, Akhlak, dan dasar dan tujuan Akhlak.
3. Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini yaitu penelitian pada pengamatan yang dilakukan terhadap tingkah dan pola perilaku pada siswa di SMA N 2 Binjai . Dan juga metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi di lapangan.
4. Pembahasan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak di SMA N 2 Binjai yaitu faktor dari dalam sekolah (lingkungan sekolah, kepala sekolah, guru, teman sekelas, dan teman bermain) dan faktor dari luar sekolah (lingkungan keluarga).
Guru PAI yang ada di SMA N 2 Binjai telah berusaha secara maksimal menggunakan strategi yang tepat dalam penanaman nilai – nilai akhlak, didukung dengan mengikuti pelatihan – pelatihan, mengadakan MGMP PAI, kualifikasi akademik, melaksanakan perencanaan pembelajaran dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif.
Banyak metode dan teknik yang bisa dilakukan oleh guru untuk melakukan pembinaan terhadap akhlak siswa di sekolah, baik yang berbasis kegiatan kurikuler berupa pembelajaran di kelas maupun kegiatan ekstrakulikuler dan lainnya. Pembinaan akhlak siswa menjadi tanggung jawab guru selain orangtua, untuk membina siswa agar menjadi manusia yang lebih baik dunia dan akhirat.
C. Penutup
Kesimpulan
Strategi pembelajaran PAI dalam penanaman nilai – nilai akhlak pada siswa SMA N 2 Binjai dengan menguasai berbagai teori belajar, menggunakan strategi yang efektif, mampu memahami peserta didik pada aspek kecerdasan siswa dan aspek kreativitas siswa. Dan berdasarkan hasil analisis penelitian dalam berbagai aspek diketahui bahwa terdapat strategi pembelajaran PAI yang efektif dalam penanaman nilai – nilai akhlak pada siswa.
BAB III
PEMBAHASAN
A.Relevansi antara Topik Jurnal dengan Kaya dan Bidang Keahlian Penulis
Jurnal yang diriview yaitu “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai”.
Topik jurnal yang ditulis oleh penulis menurut saya sudah sangat relevan, dimana kita lihat pada kenyataannya sekarang bahwa moral dan perilaku siswa bisa dikategorikan kurang baik. Kadang tidak bisa membedakan perilaku dan adab mana terhadap teman, terhadap guru, terhadap orang tua, atau terhadap orang yang lebih tua. Oleh sebab itu jurnal ini relevan untuk permasalahan pendidikan yang banyak dihadapi yaitu masalah akhlak dan moral.
B. Pokok – Pokok Argumentasi dalam Pendahuluan
Di dalam jurnal tersebut pada bagian pendahuluan terdapat pokok – pokok argumentasi diantaranya : 1) Dalam usaha penanaman nilai akhlak pada siswa, guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang sangat besar, 2) Objek mendasar keberhasilan suatu proses pembelajaran hakikatnya dapat dilihat bagaimana strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Pendiidkan Agama Islam, 3) Ajaran kehidupan yang menekankan komersialisasi telah mereka praktekkan dengan tidak bersikap sopan santun kepada gurunya. Ini merupakan pengingkatan terhadap nilai – nilai luhur bangsa, termasuk nilai – nilai Islam.
C. Pemilihan serta Cakupan Kajian Teori
Di dalam jurnal sudah dipaparkan secara lengkap di bagian deskripsi teoritis, dimana pemilihan dan cakupan kajian teorinya sudah cocok dan relevan.
Beberapa cakupan kajian teori yang dibahas yaitu sebagai berikut : berisi pembahasan mengenai penanaman nilai – nilai Agama, macam – macam nilai, urgensi penanaman nilai – nilai Agama Islam, Akhlak, dan dasar dan tujuan Akhlak.
D.Metodologi Penelitian dan Relevansi
Penelitian yang dilakukan ini tergolong ke dalam pengamatan atau observasi. Dan penelitian yang digunakan juga meliputi observasi lapangan dan juga ada wawancara terhadap beberapa objek yang bisa memberikan informasi yang lengkap dan dapat dipercaya.
E. Kerangka Berfikir Penulis pada Bagian Pembahasan
Jurnal yang dibahas yaitu “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai”, jadi kerangka berfikir yang penulis gunakan yaitu melalui pendekatan strategi yang efektif untuk mencapai penerapan nilai – nilai agama Islam untuk membentuk akhlak, moral dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari – hari siswa.
F. Kesimpulan dan Saran yang Diajukan Penulis Serta Impilkasinya pada Penelitian Berikutnya
1. Faktor yang mempengaruhi rendahnya moral dan akhlak pada siswa ada 2 yaitu dari dalam (lingkungan sekolah) dan dari luar (lingkungan kehidupan sehari – hari).
2. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan agar mampu membentuk akhlak dan moral pada siswa yaitu strategi pembelajaran aktif.
3. Terjadi peningkatan etika dan moral siswa menjadi lebih baik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif yaitu penanaman nilai – nilai agama Islam terhadap siswa secara mendalam dan terus – menerus.
2. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pendekatan agar mampu membentuk akhlak dan moral pada siswa yaitu strategi pembelajaran aktif.
3. Terjadi peningkatan etika dan moral siswa menjadi lebih baik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif yaitu penanaman nilai – nilai agama Islam terhadap siswa secara mendalam dan terus – menerus.
G.Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal
Jurnal yang dibahas yaitu “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai”. Pada jurnal ini telah dicantumkan mulai dari Pendahulan, Metode Peneliltian, Deskripsi Teoritis, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Penutup dan Daftar Pustaka.
Yang menjadi kelebihan pada jurnal ini, penjelasan diberikan secara mendalam mengenai metodologi penelitian dan juga sudah dipaparkan secara lengkap mengenai deskripsi teoritis yang berkaitan dengan jurnla yang dibahas. Namun dibalik hal itu, terdapat pula kelemahan dari jurnal ini yaitu kurang dijelaskan secara lengkap tahapan – tahapan dalam melakukan penelitian.
Dan jelas pada hasil penelitian juga sudah dijelaskan secara lengkap bahwa strategi yang tepat dalam penerapan nilai – nilai ajaran Islam yaitu melalui strategi pembelajaran aktif.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jurnal yang dibahas yaitu “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai – Nilai Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Binjai”, jadi kita sebagai pendidik dan calon pendidik perlu menerapkan strategi ini pula dalam pembelajaran, terutama pembelajaran agama Islam karena cukup penting untuk membentuk akhlak dan perilaku siswa yang baik dalam kehidupannya.
B. Saran
Perhatikan baik metode penelitian yang digunakan, hendaknya dipaparkan satu persatu tahapan – tahapan dalalm melakukan penelitian ini.
Perhatikan baik metode penelitian yang digunakan, hendaknya dipaparkan satu persatu tahapan – tahapan dalalm melakukan penelitian ini.
ok sukses untuk blog ini
BalasHapussemoga kotakamal dapat media yang terbaik
untuk mengembangkan karier.
amin.
Terimakasih pak
Hapus