Tugas CJR 1


Critical Jurnal Riview CJR

CRITICAL JURNAL RIVIEW
PENERAPAN STRATEGI BELAJAR JIGSAW DALAM PEMBELA JARAN AQID AH AKHLAK

DOSEN PENGAMPU : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd
DISUSUN OLEH :

Nama      :    Husna Melinda Ritonga  NIM          :    0301171330
Prodi        :    PAI– 3 / Semester IV


JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

2019







KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Critical Jurnal RiviewStrategi Pembelajaran Akidah Akhlak mengenai “
            Dalam penulisan Critical Jurnal Riviewini penulis banyak dibantu oleh berbagai pihak baik itu keluarga maupun tidak teman. Penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dalam penulisanCritical Jurnal Riview untuk itu kritik dan saran dari pembaca, penulis harapkan agar dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan Critical Jurnal Riview ini. Akhir kata penulis berharap agar jurnal ini bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan bagi pihak – pihak yang memerlukan.
Dalam penulisan Critical Jurnal Riviewini, penulis tentu saja tidak dapat menyelesaikannya sendiri tanpa bantuan dari pihak lain. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.       Orang – orang tersayang yang selalu mendoakan penulis, kedua orang tua penulis, dan teman-teman yang telah membantu penulis dalam menyelesaikanCritical Jurnal Riview.
2.       Kepada bapak dosen pengampu yaitu Bapak Dr. H. Mardianto, M.Pd.
                                                                                                 Medan, 7 Mei 2019

                                                                                                   Penulis












DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................   i
DAFTAR ISI......................................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................   1
A. Latar Belakang Pemilihan Jurnal.................................................................   1
B. Kerelevansian Jurnal dengan Topik yang Diamati.....................................   1
BAB II RINGKASAN JURNAL.......................................................................   2
A. Identitas Jurnal............................................................................................   2
B. Ringkasan Jurnal..........................................................................................   2
BAB III PEMBAHASAN..................................................................................   7
A. Relevansi antara Topik Jurnal dengan Karya dan Bidang Keahlian Penulis 7
B. Pokok – Pokok Argumentasi Penulis Dalam Pendahuluan........................   7
C.Pemilihan serta Cakupan Kajian Teori........................................................   8
D. Metodologi Penelitian dan Relevansinya...................................................   8
E. Kerangka Berfikir Penulis pada Bagian Pembahasan.................................   8
F.Kesimpulan dan Saran yang Diajukan Penulis serta Implikasinya Pada Penelitian Berikutnya                            9
G. Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal                                                                                                                             9
BAB IV PENUTUP............................................................................................   11
A.Kesimpulan..................................................................................................   11
B.Saran                                                                                                                11





BAB I
PENDAHULUAN

A.1  Latar Belakang Pemilihan Jurnal
            Penulis memilih jurnal tentang “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak” Salah satu cara menentukan kualitas peserta didik dapat dilihat melalui hasil belajar dalam bentuk prestasi belajar mereka, sebesar apa minta mereka dalam pembelajaran, dan seberapa besar kesungguhna siswa dalam mengukuti pemberlajarn. Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari perbuatan belajar sebab belajar adalah proses belajar. Untuk meningkatkan kepercayaan diri dapat diusahakan dengan cara yang benar, dilatih, diusahakan dan diarahkan pada sebuah tujuan yang ditetapkan.
            Dan melalui jurnal ini “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak “ bisa diterapkan mulai dari hal kecil. Dimana penerapan strategi pembelajaran jiksaw dengan pembelajaran akidah akhlak.
B.2  Kerelevansian Jurnal dengan Topik yang Diminati
            Jurnal yang berjudul “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak “ ini cukup relevan dengan topik yang diminati. Dimana topik yang dibahas tentu harus berkaitan dengankesungguhan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dan seberapa besar minat dan kemauan siswa dalam pembelajaran akidah akhlak.
BAB II
RINGKASAN JURNAL

A. Identitas Jurnal
Judul                           : “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak”
Penulis                        :    Ulfiani Rahman
Lembaga penulisan   :    Jurnal Al-Qalam
Volume                       :    Volume 16 Nomor 25 Januari - Juni
Tahun terbit               :    2010
B. Ringkasan Jurnal
1 Pendahuluan
            Salah satu cara menentukan kualitas peserta didik dapat dilihat melalui hasil belajar dalam bentuk prestasi belajar mereka, sebesar apa minta mereka dalam pembelajaran, dan seberapa besar kesungguhna siswa dalam mengukuti pemberlajarn. Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari perbuatan belajar sebab belajar adalah proses belajar. Untuk meningkatkan kepercayaan diri dapat diusahakan dengan cara yang benar, dilatih, diusahakan dan diarahkan pada sebuah tujuan yang ditetapkan.
            Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui seberapa besar siswa percaya diri mengikuti pelajaran dengan strategi belajar Jigsaw,  b) Mengetahui seberapa tinggi hasil penguasaan siswa terhadap materi yang dipelajari dengan strategi Jigsaw,
            Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat: a) Bagi Guru, agar dapat lebih terampil menggunakan berbagai strategi pembelajaran secara bervariasi. Guru akan terbiasa melakukan penelitian tindakan kelas yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya, b) Bagi Siswa, diharapkan dengan pengenalan strategi belajar seperti ini akan memperkaya pengalaman siswa dalam mengatasi hambatan rasa kurang percaya diri yang kadang menghinggapi siswa baik dalam proses belajar di kelas maupun ketika berinteraksi dengan lingkungan secara luas,
2 Kajian Teori
Dalam jurnal yang berjudul “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak” tidak dilengkapi dengan kajian teori, melainkan kajian pustaka yang menjelaskan tentang strategi belajar jigsaw, kepercayaan diri beserta defenisinya, ciri-ciri kepercayaan diri, pembentukan kepercayaan diri, dan rejama, dan landasan teori.
3 Metodologi Penelitian
            Penelitian ini dilakukan dari tanggal 8 Oktober s/ d 5 November 2009 pada siswa kelas I semester I tahun 2009 Madrasah Aliyah Swasta Madani Pao-Pao Gowa, Sulawesi Selatan yang merupakan Laboratory School Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unversitas Islam Negeri (UTN)Alauddin Makassar dengan jumlah siswa 29 dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
            Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, tergantung dari hasil tiaptiap siklus yang dipersiapkan, namun sesuai ketentuan penelitian tindakan kelas, maka pelaksanaan siklus tidak boleh kurang dari satu kali. Tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yakni perecanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasireflektif.


4 Pembahasan       
            Berdasarkan pedoman observasi yang disiapkan, penelitian ini mengamati dua subyek yakni guru yang mengajar dan siswa yang sedang belajar.
            Pengamatan kepada guru dilakukan dengan melihat: 1). kesiapan guru dalam mengajar yang ditandai dengan sehat jasmani dan rohani; 2). kesiapan materi pembelajaran yang disesuaikan semua aspek dan indikator RPP yang sudah dibuat dan 3). kemampuan guru mengelola kelas terkait dengan kemampuan guru dalam mengatur posisi peserta dalam kelas, mengelola proses pembelajaran agar menyenangkan dan mendukung proses pembelajaran.     Kegiatan Siklus I Setelah melakukan perencanaan (seperti menetapkan materi diskusi yakni hakekat akhlak); lalu membuat skenario dalam pelaksanaan tindakan (kegiatan pra PBM dengan mengabsen, menyiapkan bahan ajar (RPP yang memuat SK,KD); lalu dilanjutkan dengan Kegiatan Awal, al: 1. Menjelaskan SK dan KD hakekat akhlak; 2. Guru membagi kelompok asal menjadi 5 berdasarkan jumlah materi/ sub pokok bahasan yang disiapkan; selanjutnya masuk ke Kegiatan Inti, al: 1. Siswa dibagi dengan cara menghitung secara berurutan sesuai jumlah materi; 2. Siswa yang mempunyai nomor yang sama berkumpul dalam satu tim disebut tim ahli untuk berdiskusi sesuai dengan urutan materi yang tersedia. Lalu menyusun strategi untuk menyampaikan kepada temannya; 3. Kemudian siswa ahli yang telah membahas tiap topik tersebut kembali ke kelompok asalnya dan menerangkan kepada temannya secara bergantian tentang materi yang sudah dibahas di tim ahli; 4. Siswa memperoleh kuis individu mencakup semua topik; Kegiatan Akhir, al: 1. Penghitungan skor kelompok; 2. Guru memberikan reward kepada kelompok yang berhasil dengan nilai yang baik. pelaksanaan siklus 1 perlu dibenahi sebab hampir semua aspek yang diamati dari siswa menunjukkan kekurangan sehingga waktu kegiatanpun mengalami kemunduran. Hal ini terjadi sebab pelaksanaannya masih baru sehingga guru dan siswa masih tampak kebingungan.
            Kegiatan Siklus Kedua Pelaksanaannya merupakan kelanjutan dari siklus I yang perlu dibenahi. Sehingga prosedurnya pun tidak berbeda, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan sampai pada tindakan pengamatan. Hanya saja, materi belajarnya adalah Hakekat syirik dan pengamatan tindakannya. Berdasarkan hasil pengamatan yang tertuang dalam tabel aktivitas di atas, ditambah lagi adanya diskusi ringan antara peneliti dan guru pendamping serta wawancara tentang kesan siswa dalam belajar dengan strategi Jigsaw, mengindikasikan penilaian yang sangat baik. Guru merasa rileks dalam mengajar siswapun merasa senang dengan strategi yang mereka pahami sehingga siswa yang pada siklus pertama asal bunyi dan membuat kegaduhan dengan berteriak-teriak akhirnya senang dan bisa berpartisipasi aktif dalam kelas tanpa canggung.
            Dari penelitian tindakan kelas di atas menunjukkan bahwa Strategi belajar Jigsaw Dapat Mendorong Siswa Lebih Percaya diri. Hal ini didasarkan pada data hasil penelitian dari siklus pertama ke siklus kedua yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan lewat kesiapan jasmani dan rohani dari para siswa untuk belajar. Tentu saja menjadi modal bagi terlaksananya proses belajar mengajar yang diharapkan. Disamping itu, adanya semangat atau antusiasme siswa yang baik mengikuti pelajaran yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai dari rata-rata 7,4 (kurang) menjadi 8,8 (baik) dengan tidak bingung dan tidak canggung atau gugup mengutarakanpikiran dan perasaannya dalam menjawab setiap pertanyaan baik dari guru maupun dari teman yang ada dikelornpoknya sebesar 7,6 (cukup) pada siklus I menjadi 8,6 sangat ribut.
C. Penutup
Kesimpulan
1.      Melalui strategi belajar Jigsaw pula, maka siswa bersungguh-sungguh menguasai materi (aqidah akhlak) yang menjadi tugasnya sebelum mendapat giliran melaporkan hasil diskusinya.
2.      Setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi Jigsaw, siswa merasa mudah memahami dan mengerti pelajaran (aqidah akhlak).
3.       Pada umumnya siswa terkesan dengan menyenangi dan antusias pada pelaksanaan strategi belajar Jigsaw sebab memberikan pengalaman yang sangat seru dalam proses belajar mereka.
BAB III
PEMBAHASAN

A. Relevansi antara Topik Jurnal dengan Kaya dan Bidang Keahlian Penulis
Jurnal yang diriview yaitu “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak”
            Topik jurnal yang ditulis oleh penulis menurut saya sudah sangat relevan dengan bidang penulis, dimana penulis jurnal ini yaitu Ulfiani Rahman Dosen UIN Alauddin Agama Makassar Jadi mengenai penerapan strategi pembelajaran jigsaw dalam pembelajaran akidah akhlak penulis menggunakan penerapan informasi, mengamati, komunikasi guna untuk meningkatkan daya tangkap siswa yang secapt dalam pembelajaran dan menumbuhkan rasa percaya diri terhadap siswa dengan cara meneliti tindakan dalam situasi yang dialami untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas secara praktis dan efektif.  
B. Pokok – Pokok Argumentasi dalam Pendahuluan
Di dalam jurnal tersebut pada bagian pendahuluan terdapat pokok – pokok argumentasi diantaranya  yaitu, 1) Pembelajaran dengan memperhatikan model-model inovasi yang mendorong siswa berpikir mandiri dan lebih berpusat pada siswa.  guru akan berperan sebagai fasilitator atau pemandu belajar, bertugas membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar sehingga akan terpupuk rasa percaya dirinya; 2) Mengetahui seberapa besar siswa percaya diri mengikuti pelajaran dengan strategi belajar Jigsaw; 3) Mengetahui seberapa besar siswa bersungguh-sungguh dalam menyiapkan gilirannya melaporkan hasil diskusi sesuai tugasnya,  dan4) Ingin mengumpulkan kesan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Jigsaw.
C. Pemilihan serta Cakupan Kajian Teori
Di dalam jurnal tidak dipaparkan mengenai kajian teori, melainkan kajian pustaka yang menjelaskan tentang strategi belajar jigsaw, kepercayaan diri beserta defenisinya, ciri-ciri kepercayaan diri, pembentukan kepercayaan diri, dan rejama, dan landasan teori.
D. Metodologi Penelitian dan Relevansi
             Penelitian ini dilakukan dari tanggal 8 Oktober s/ d 5 November 2009 pada siswa kelas I semester I tahun 2009 Madrasah Aliyah Swasta Madani Pao-Pao Gowa, Sulawesi Selatan yang merupakan Laboratory School Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unversitas Islam Negeri (UTN)Alauddin Makassar dengan jumlah siswa 29 dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
            Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, tergantung dari hasil tiaptiap siklus yang dipersiapkan, namun sesuai ketentuan penelitian tindakan kelas, maka pelaksanaan siklus tidak boleh kurang dari satu kali. Tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yakni perecanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasireflektif. Yang telah dijelaskan di atas tadi 
E. Kerangka Berfikir Penulis pada Bagian Pembahasan
Jurnal yang dibahas yaitu “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak”. Jadi kerangka berfikir yang penulis gunakan yaitu melalui Perencanaan, pengamtan tindangan dan menumpulkan informasi, diman mampu meningkatkan raa percaya diri siswa dalam berpendapat.
F. Kesimpulan dan Saran yang Diajukan Penulis Serta Impilkasinya pada Penelitian Berikutnya
1.        Melalui strategi belajar Jigsaw pula, maka siswa bersungguh-sungguh menguasai materi (aqidah akhlak) yang menjadi tugasnya sebelum mendapat giliran melaporkan hasil diskusinya.
2.       Setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi Jigsaw, siswa merasa mudah memahami dan mengerti pelajaran (aqidah akhlak).
3.       Pada umumnya siswa terkesan dengan menyenangi dan antusias pada pelaksanaan strategi belajar Jigsaw sebab memberikan pengalaman yang sangat seru dalam proses belajar mereka.
G. Persetujuan, Kritik, Sanggahan, Uraian, Penjelasan serta Posisi Penulis Journal Review Terhadap Jurnal
Jurnal yang dibahas yaitu “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak”. Pada jurnal ini telah dicantumkan mulai dari Pendahulan, yang didalam pembahasan sudah melengkapi semuanya yang mencakup pengertian percaya diri, pengaruh kepercayaan diri terhadap perstasi siswa, dan straregi belajar jigsaw, penerapannya dalam pembelajaran dan  tujuan penelitain.
Yang menjadi kelebihan pada jurnal ini, penjelasan diberikan secara mendalam mengenai kepercayaan diri, pengaruh kepercayaan diri dalam diri siswa, tujuan dari penelitian, strategi belajar jigsaw dan pengimpilakiannya dalam kelas dan juga kata yang ada didalam jurnal ini sangat jelas dan mudah dimengerti
kelemahan dari jurnal ini yaitu kajian teori tidak dijelaskan melainkan kajian pustaka dijurnal.
BAB IV

PENUTUP

A.4 Kesimpulan
Jurnal yang dibahas yaitu “Penerapan Strategi Belajar Jigsaw Dalam PembelaJaran Aqidah Akhlak”, jadi kita sebagai pendidik dan calon pendidik perlu mengetahui strategi yang digunakan dikelas agar bisa menimbulakn rasa percaya diri dan membuat siswa dapat memahami pelajaran dengan cepat dan juga tidak menimbulkan pembelajaran yang membosankan
B.Saran
kurang penjelasan atau kelengkapan mengenai kajian teorimelainkan kajian pustakanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan media dan sumber belajar

Mengembangkan media dan sumber belajar