CBR kepemimpinan pendidikan kontemporer

IV PAI -3
Husna Melinda Ritonga (0301171330)


Judul buku : kepemimpinan pendidikan kontemporer
Pengarang : Prof. Dr. Syafaruddin, M. Pd
Penerbit : Bandung, CiptapustakA Media, 2003
ISBN : 979-3216-92-1
Jumlah halaman : 200



Isi Buku
Buku yang berjudu “ kepemimpinan pendidikan kontempore” ini terdiri dari 9 bab pembahasan. Dimulai dari bab 1 pendahuluan, bab 2 memahami eksistensi sekolah, bab 3 konsep dasar kepemimpinan, bab 4 dimensi praktik kepemimpinan, bab 5 kepemimpinan pendidikan kontemporer dan bab 6 efektivitas kepemimpinan pendidikan. Adapun beberapa bab yang akan dibahas antara lain:
Dalam konteks lembaga pendidikan islam, mengacu kepada Al Mahdani (2004) kepemimpinn pendidikan adalah kepemimpinan yang mampu berkreasi, memberi inspirasi dan  mampu memotivasi segenap potensi yang dimiliki oleh lembaga pendidikan islam, baik potensi internal maupun eksternal. Dalam perspektif ini, dapat disimpulak bahwa kepemimpinan pendidikan dapat diperankan oleh perancang, kepala sekolah, pengelola dan Pembina lembaga pendidikan disatu sisi.
Dikemukakan oleh Bush dan Coleman  bahwa tujuan manajemen pendidikan adalah untuk memfasilitasi pembelajaran siswa sebagai sebuah bentuk proses pembelajaran.
Taktik mempengaruhi dalam kepemimpinan sekolah yaitu: 1. Memulai komunikasi yang baik, 2. Keputusan yang melibatkan personil sekolah, ialah a. mengambil keputusan bersama tenaga kependidikan di sekolah b. mengambil keputusan untuk kepentingan internal sekolah c. mengambul keputusan untuk kepentingan sekolah, 3. Kepemimpinan kepala sekolah membangun visi.













Kelebihan dan kekurangan buku
Kelebihan yang dimiliki buku yang berjudul “kepemimpinan pendidikan kontemporer” yaitu :
Sampul buku sangat menarik sehingga membuat pembaca ingin membaca
Penggunaan susunan bahasa yang terdapat dalam buku bagus
Kertas yang digunakan putih dan tebalv
Reverensi yang digunakan dalam buku sangat banyak
Kekurangan yang dimiliki buku yang berjudul :kepemimpinan pendidikan kontemporer” yaitu:
Jumlah halaman buku sangat banyak sehingga membuat pembaca bosan
Tidak adanya gambar atau hal yang membuat pembaca tertarik membacasampai habis
Pembahasan sedikit melenceng dari judul besar yang terdapat dalam buku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas CJR 1

Mengembangkan media dan sumber belajar

Mengembangkan media dan sumber belajar