Strategi pembelajaran aktif


Strategi pembelajaran Aktif

Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar serta aktif, ketika siswa belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasikan aktifitas pembelajaran, dengan ini peserta didik secara aktif akan menggunakan akal dan fikiran mereka baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasihkan apa yang baru mereka pelajari kedalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. dengan belajar aktif ini siswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajara, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. dengan cara ini siswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat di maksimalkan.

Ranah penting dalam strategi pembelajaran aktif itu ada 3 hal yaitu sebagai berikut :
1.  Aktif kognitif, kognitif diartiakan kemampuan berfikir dan juga pengetahuan yang dimiliki seseorang. dalam pembelajaran aktif kognitif hal yang sederhana yang bisa dilakukan yaitu bertanya dan menanya. dalam kognitif pula ada 6 tingkatan yaitu sebagai berikut: 
1)     C-1 tingkat pengetahuan; 
2)     C-2 tingkat pemahaman;
3)     C-3 tingkat aplikasi;
4)     C-4 tingkat analisis;
5)     C-5 tingkat sintesis;
6)     C-6 tingkat evaluasi.
    2.  Aktif Afektif, Afektif berkaitan dengan perasaan. dalam pembelajaran aktif afektif kadang perlu variasi belajar, misalnya belajar kelompok akan terasa berbeda dibanding belajar sendiri. 
       
   3. Aktif Psikomotorik, dalam pembelajaran ini biasanya berkaitan dengan gerakan tubuh. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas CJR 1

Mengembangkan media dan sumber belajar

Mengembangkan media dan sumber belajar